Bupati Ipuk Fiestiandani Tinjau Seleksi Business Model Jagoan Tani 2023

avatar Artik News

BANYUWANGI | ARTIK.ID - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meninjau langsung seleksi Jagoan Tani 2023 yang memasuki tahapan seleksi business model di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, Jumat (21/7/2023). Ipuk berpesan kepada para peserta untuk memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya.

"Kami ingin anak muda Banyuwangi yang bisa berperan terhadap pertanian Banyuwangi. Kontribusi PDB terus menurun setiap tahun. Jumlah petani juga. Jagoan Tani dibutuhkan untuk menjawab itu dan anak Banyuwangi harus muncul mendongkrak pertanian Banyuwangi," ujar Ipuk.

Baca Juga: Ambassador Goes to Kampung KB Kunker ke Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Akui Banyak Mendapat Insight

Ipuk juga berharap sektor pertanian ketika anak muda yang pegang bisa lebih keren dan inovatif sehingga bisa sejahterakan para petani.

"Kreativitas kalian kami harapkan akan memberi nilai lebih sektor pertanian. Apa-apa yang kalian lakukan saat ini semoga menjadi trigger bagi anak muda lainnya untuk masuk ke pertanian," kata Ipuk.

"Saya berharap ada jejaring dengan jawara jagoan digital dan jagoan bisnis. Karena itu penting untuk memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas. Jaringan itu penting untuk membangun bisnis yang kuat," imbuhnya.

Program inkubasi bisnis berbasis pertanian ini, telah memasuki tahun ketiga. Tak kurang dari 212 tim yang mendaftarkan proposal bisnisnya. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, pelaku UMKM, hingga petani muda. Mereka mengusung ide dari peternakan, perikanan, holtikultura, perkebunan, hingga tanaman pangan.

Baca Juga: Sekjen Kemenkes Kunker ke Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Sebut Pemkab akan Terus Berinovasi

Sebelum melakukan presentasi, para peserta telah mengikuti mentoring secara offline pada 20-21 Juli. Mereka digembleng oleh mentor yang berpengalaman di bidangnya, seperti Sr. Manager Research and Validation E-Fishery dan Priyandaru Agung; CEO Pandawa Agri.

Ada juga Kukuh Roxa; Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Prof. Mangku Purnomo; Founder Jagoan Indonesia & PiknikHub, Dias Satri; Founder Let's Play Indonesia, Arif Bawono; CEO PT. Sirtanio Organik Indonesia, Ahmed Tessario; dan Founder Ais Coffee, Azmi Zakki.

Dalam presentasinya, para peserta menunjukkan antusiasme dan kreativitasnya dalam menyampaikan ide bisnisnya. Di antaranya adalah Tim Jalen Mushroom Foods. Tim ini mengolah jamur menjadi berbagai produk turunannya. Ada juga Tim Lomeal yang menyediakan alternatif makanan pokok dengan bahan Mocaf (tepung singkong) dan Dried Fruit (buah yang dikeringkan).

Baca Juga: Ritual Adat Seblang Olehsari Banyuwangi Pukau Ribuan Pengunjung selama Sepekan

Untuk tahun ini, Jagoan Tani menyediakan hadiah Rp127,5 juta bagi para kandidat terpilih sebagai stimulus modal usaha. Para peserta juga mendapatkan bimbingan lebih lanjut dari para mentor dan fasilitator untuk mengembangkan bisnisnya. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan akses ke modal usaha, pasar, dan jejaring yang luas.

(red)

Editor : Fudai