Sekdaprov Adhy Masuk Tiga Besar ADLG, Jatim Digital Jawaban Tantangan Teknologi

avatar Artik News

SURABAYA | ARTIK.ID - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, berhasil menjadi finalis tiga besar pada ajang Digital Leadership Goverment (ADLG) Award Tahun 2023.

Untuk itu, secara khusus Sekdaprov Adhy menyampaikan paparan dihadapan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, yang diwakili Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Restuardy Daud, di Jakarta, Jumat (21/7). Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri beberapa juri dan panelis penilaian finalis .

Baca Juga: Ambisi Raih Emas di PON XXI, Tim Karate Jatim Berlatih Tanding dengan Atlet Timnas Korea Selatan

Sebagai informasi, ADLG Award 2023 merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada para Sekretaris Daerah di Provinsi, Kabupaten, dan Kota, dengan kinerja digital terbaik tingkat Nasional, yang diadakan Kemendagri bersama Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI).

Dalam paparannya, Sekdaprov Adhy menekankan bahwa penerapan Jatim digital adalah jawaban dalam merespon tantangan teknologi saat ini. Diantaranya, lewat pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adimistrasi pemerintahan dan layanan publik yang berdampak langsung masyarakat.

"Mewujudkan reformasi birokrasi lewat ekosistem Jatim Digital adalah kuncinya," tegasnya.

Beberapa strategi yang dilakukan, antara lain komitmen pimpinan, penguatan kebijakan, pengendalian pembangunan aplikasi, re-design anggaran, optimalisasi infrastruktur, peningkatan kapasitas SDM, serta membangun dan memelihara budaya kerja berbasis TIK.

Tata kelola dengan clearence, integrasi denga pusat data nasional sudah Jatim lakukan. Kita juga melakukan forum kolaborasi SPBE bersama kabupaten/kota dan antar OPD. Dan saat ini Pemprov Jatim bersama stake holder dengan pendampingan BSSN bersama menangani serangan siber.

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa Sebut Jatim Cetak Sejarah Baru, Angka Kemiskinan Tembus 1 Digit

"Kita ingin bertransformasi di semua sektor. Tidak hanya infrastruktur dan jaringan, tetapi juga budaya juga bertransformasi," tegasnya.

Tak hanya itu, Adhy mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga sudah mulai membiasakan kepada para pimpinan Perangkat Daerah (PD) untuk bisa memanfaatkan sendiri teknologi digital guna menunjang kinerjanya secara mandiri.

Sementara itu, Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Eddy Santoso, mengatakan, Sekretaris Daerah mempunyai peran besar sebagai Koordinator SPBE. Ia berharap kontestasi ADLGA dapat memicu semangat para Sekda membawa daerahnya masing-masing untuk lebih mempercepat terwujudnya SPBE yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik yang lebih baik, cepat, efektif, efisien dan berdampak.

Baca Juga: Disperpusip Jatim Ajak Pelajar Kenali Arsip dan Wawasan Kebangsaan Lewat Program WARAS

Sebelumnya, ASKOMPSI telah sukses menggelar ASKOMPSI Communication Awards 2020 yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga di Pusat. Kemudian, Penyerahan ADLGA 2022 diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

ADLG Awards 2023 menyasar Sekda karena sesuai Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE, sekretaris daerah adalah koordinator SPBE. Sekretaris daerah memiliki kewenangan dan kemampuan untuk menggerakkan sinergi, koordinasi dan kolaborasi antar perangkat daerah sebagai kunci keberhasilan SPBE.

(red)

Editor : Fudai