Menuju 2045, Presiden Jokowi Luncurkan RPJPN di Gedung Djakarta Theater

avatar Artik News

JAKARTA | ARTIK.ID - Pada hari Kamis, 15 Juni 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 di gedung Djakarta Theater.

Rancangan RPJPN ini merupakan visi, mimpi besar, dan cita-cita bangsa Indonesia untuk mencapai Indonesia emas pada tahun 2045, saat Indonesia merayakan 100 tahun kemerdekaannya.

Baca Juga: Dugaan Politik Uang di Batuputih, ASORAK Desak Klarifikasi dan Diskulifikasi Caleg Nasdem

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia emas tidak bisa hadir otomatis, tetapi harus direncanakan dengan baik, fokus, dan memiliki panduan dan haluan yang jelas.

Ia juga menekankan pentingnya eksekusi yang cerdas dan kepemimpinan yang cerdas dan kuat untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Skenario Satu atau Dua Putaran Gagal alias Deadlock

"Dengan RPJPN ini kita merasakan pentingnya memanfaatkan peluang dengan menggunakan perencanaan, visi, dan strategi besar yang taktis untuk mencapai Indonesia Emas tahun 2045," kata Jokowi, dikutip dari laman Facebook pribadinya, Kamis (15/06/2023)

Jokowi juga menyampaikan beberapa target yang ingin dicapai Indonesia pada tahun 2045, antara lain menjadi lima besar kekuatan ekonomi dunia, meningkatkan pendapatan nasional bruto per kapita dari 5.030 dollar AS, menjadi 23.000-30.300 dollar AS, dan menurunkan angka kemiskinan dari 9,57 persen menjadi 0,5-0,8 persen.

Baca Juga: Ngopi Bareng Suku Osing, Ganjar Pranowo Berjanji Bantu Pengembangan Desa Kemiren

"Peluang tersebut yakni bonus demografi yang akan dialami oleh Indonesia pada tahun 2030-an dengan jumlah penduduk usia produktif mencapai 68,3 persen dari total populasi. Peluang itu harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi bencana," pungkasnya.

(diy)

Editor : Natasya