Tujuh Komjen Polri Pensiun, Dewan Kebijakan Tinggi Mulai Lakukan Proses

avatar Artik News

JAKARTA | ARTIK.ID - Dewan Kebijakan Tinggi (Wanjakti) Polri mulai melakukan proses pembahasan terkait dengan pergantian rotasi dua jabatan Jenderal bintang tiga atau Komjen yang pada bulan Maret 2023 ini memasuki masa pensiun.

Dua jabatan tersebut yakni, Kabaharkam Polri yang saat ini diisi oleh Komjen Arief Sulistyanto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang diisi oleh Komjen Boy Rafli Amar.

Baca Juga: Kolaborasi Polisi dan Warga, Kerja Bakti Bersihkan Puing Atap Sekolah yang Ambruk

“Ya, sedang dirumuskan, nunggu info lanjut dari SDM,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Kamis (02/03/2023).

Untuk diketahui, pada tahun ini terdapat tujuh personel Polri berpangkat Komjen yang akan memasuki masa pensiun. Adapun, Komjen Agung Budi Maryoto yang lebih dahulu telah memasuki masa pensiun.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun sudah menerbitkan surat telegram Nomor:ST/498/II/KEP./2023 per tanggal 26 Februari 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri.

Telegram tersebut merotasi Komjen Agung Budi Maryoto sebagai Irwasum Polri yang digantikan oleh Komjen Ahmad Dofiri.

Sementara enam Komjen Polri yang akan pensiun pada tahun ini adalah;

1. Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto. Ia merupakan jebolan Akpol 1987. Arief akan menginjak usia 58 tahun pada 24 Maret 2023 nanti.

Arief sendiri pernah menjabat sebagai Kalemdiklat Polri, Kabareskrim Polri, As SDM Kapolri hingga Kapolda Kalimantan Barat.

2. Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar yang akan memasuki masa pensiun pada 25 Maret 2023 mendatang. Boy merupakan Akpol 1988.

Baca Juga: Atasi Dampak Lingkungan, Polda Jateng Siap Mitigasi Rembesan BBM Jalur Cilacap

Sebelum menjadi Kepala BNPT, Boy pernah menjabat beberapa posisi di Polri, diantaranya adalah, Wakalemdiklat Polri, Kadiv Humas Polri, Kapolda Banten hingga Kapolda Papua.

3. Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Luki Hermawan. Luki merupakan Pati Polri kelahiran 22 April 1965. Ia akan menginjak umur 58 tahun pada 22 April 2023.

Luki adalah lulusan Akpol tahun 1987. Ia pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, Wakalemdiklat Polri dan Wakabaintelkam Polri.

4. Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono yang merupakan lulusan Akpol 1988. Ia akan menginjak usia 58 tahun pada ulang tahunnya di tahun ini pada 28 Juni.

Sebelum menjadi Wakapolri, Gatot pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Asrena Kapolri, Sahli Bidang Sosial Ekonomi Kapolri hingga Wakapolda Sulsel.

Baca Juga: Tak Biasa, Sejumlah Rantis Brimob Terlihat di Halaman Gedung Bareskrim, Ada Apa?

5. Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri Komjen Anang Revandoko yang merupakan lulusan Akpol tahun 1988. Anang sendiri kelahiran 14 Oktober 1965. Ia sebelum menjabat Dankor Brimob, pernah menjadi Kapolda Kalteng hingga Wadankor Brimob Polri.

6. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Petrus Reinhard Golose yang merupakan jebolan Akpol 1988, merupakan kelahiran 27 November 1965. Ia juga memasuki usia 58 tahun pada 2023 ini.

Sebelum menjadi Kepala BNN, Petrus Golose pernah menjabat sebagai, Kapolda Bali, Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT, hingga Direktur Penindakan BNPT.

(ara)

 

Editor : Redaksi