Ambisi Raih Emas di PON XXI, Tim Karate Jatim Berlatih Tanding dengan Atlet Timnas Korea Selatan

SURABAYA | ARTIK.ID - Tim Karate Jawa Timur (Jatim) mendapat kesempatan emas untuk berlatih tanding dengan enam atlet Tim Nasional (Timnas) Korea Selatan di Gedung Dojo Karate Dispora Jatim, Surabaya, pada Selasa (9/7).

Latih tanding ini menjadi bagian dari persiapan Timnas Korea Selatan menjelang Kejuaraan Asia yang berlangsung 1-10 Juli 2024. Kesempatan ini tak disia-siakan oleh Tim Karate Jatim untuk mengasah kemampuan dan menambah jam terbang bertanding sebelum bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumatera Utara 2024.

Baca Juga: Finalisasi Atlet serta Pelatih, KONI Jatim Bersiap Menuju PON Aceh dan Sumutera Utara

Pelatih Karate Jatim, Umar Syarief, mengungkapkan bahwa latihan tanding ini bertujuan untuk membantu para atlet beradaptasi dengan gaya bertanding yang berbeda. 

"Dengan kesempatan ini kami ingin adaptasi dengan Style berbeda. Intinya semua cabang kembali ke Mental , nah ini perlu jam terbang banyak Spearing dengan Level Tinggi," ujar Umar.

Menurut Umar, dari hasil latih tanding ini, para atletnya dapat memahami gaya tarung yang berbeda dari setiap karateka Korea Selatan. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka dalam menghadapi berbagai gaya bertanding di PON nanti.

"Kalau taktik hampir sama saja, dari latih tanding ini bagaimana mereka bisa membaca permainan lawan, bagaimana ngambil momen tendang, kemudian bagaimana cara Defend terus Counter Attack," tuturnya.

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa Sebut Jatim Cetak Sejarah Baru, Angka Kemiskinan Tembus 1 Digit

Ketua KONI Jatim, M Nabil, yang turut menyaksikan latihan tanding ini mengaku senang dengan kesempatan berharga ini. Ia berharap latihan tanding ini dapat meningkatkan kualitas persiapan para atlet dan menambah kepercayaan diri mereka sebelum bertanding di PON.

"Ini salah satu upaya untuk beradaptasi sekaligus unjuk kemampuan agar tidak gugup di PON. Upaya maksimal Karate bisa menemukan lawan tanding Representatif dengan Timnas Korea semoga bisa meningkatkan prestasi Atlet kita," kata Nabil.

Nabil menaruh harapan besar pada Tim Karate Jatim untuk dapat meraih lebih banyak medali emas di PON XXI dibandingkan dengan dua medali emas yang diraih pada PON Papua sebelumnya.

Baca Juga: Disperpusip Jatim Ajak Pelajar Kenali Arsip dan Wawasan Kebangsaan Lewat Program WARAS

Dengan semangat dan persiapan yang matang, Tim Karate Jatim diharapkan dapat menjadi salah satu kontributor medali emas bagi kontingen Jawa Timur di PON XXI Aceh - Sumatera Utara 2024. (red)

 

Editor : Jabrik