Bentuk Karakter Anak, Disperpusip Jatim Gelar Lomba Bertutur

SURABAYA|ARTIK.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Jatim menggelar lomba bertutur tingkat provinsi Jawa Timur. Acara yang diikuti sebanyak 25 siswa setingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasyah Ibtidaiyah (MI) se Jatim itu digelar di Ruang Graha Pustaka, Kantor Disperpusip Jatim, Jl. Menur Pumpungan 32 Surabaya, Rabu(3/7/2024).

Kepala Disperpusip Jatim, Ir. Tiat S. Suwardi, M.Si melalui Sekertaris Disperpusip Jatim, Dwiko Yudhi Widodo, SH, MAP mengatakan, penyelenggaraan lomba bertutur ini bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian anak-anak didik sejak dini.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang secara terus-menerus kita laksanakan dengan harapan supaya pembudayaan kegemaran membaca di kalangan anak-anak dapat terus dipupuk," ujar Dwiko, dalam rilis Diperpusip,Jumat(5/7/2024).

"Melalui bertutur, mereka bisa belajar menyampaikan pesan moral melalui dongeng. Dan itu akan mudah diterima dan ditiru oleh anak tanpa merasa digurui," imbuhnya.

Disamping itu, tujuan lomba ini juga diharapkan agar anak-anak dapat mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik. Lalu membangun karakter bangsa, baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda.

Sementara lomba yang dilaksanakan sehari penuh itu menghadirkan para juri yakni Kak Inge (Kumpul Dongeng Surabaya), Kak Nitnit (Psikologi) dan Kak Tobi (Seniman). Untuk Juara I diraih Muhammad Alex Adhiasta Maulana Ibra (Kab. Bondowoso), Juara II diraih Girzya Clara Khumaira (Kab. Magetan), Juara III diraih Bahira Ramadhani Azzahra Mauluda (Kab. Tuban), Harapan I diraih Alyssandra Kayla Putri (Kota Batu), Harapan II diraih Kevin Fitrah Al Kareem (Kota Surabaya) dan Harapan III diraih Genevie Axelia Santoso (Kab.Probolinggo). (mad)

Editor : Mohammad