Eri Cahyadi Launching Kota Lama Surabaya Zona Eropa, Tawarkan Wisata Bersejarah

SURABAYA | ARTIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya resmi membuka kawasan Kota Lama Zona Eropa yang terletak di Jalan Rajawali, Krembangan, Surabaya. Soft launching yang digelar pada Kamis (27/6) ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Acara soft launching dimeriahkan dengan berbagai hiburan, seperti pertunjukan musik tempo dulu dan teatrikal berjudul "Pertempuran Tiga Hari" oleh Komunitas Roodebrug Surabaya.

Baca Juga: Bangun Karakter Anak, Pemkot Surabaya dan ACI Gelar 'Arek Suroboyo Goes To School'

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai paket wisata menarik yang telah disiapkan oleh Pemkot Surabaya, seperti:

  • Penyewaan baju bertema Eropa untuk berfoto dan merasakan suasana tempo dulu.
  • Berkeliling Kota Lama dengan sepeda listrik atau mobil Jeep kuno.
  • Paket wisata berkeliling Kota Lama dengan berbagai pilihan rute dan durasi.

Menelusuri Jejak Sejarah dan Budaya Surabaya

Wali Kota Eri Cahyadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Lama Zona Eropa merupakan pengingat akan sejarah panjang Kota Surabaya, khususnya perjuangan arek-arek Suroboyo melawan penjajah.

"Di sini ada mobil Jenderal Mallaby yang tewas di tangan arek-arek Suroboyo. Kita bisa mengenang Kota Lama dan mengenang heritagenya," kata Wali Kota Eri.

Lebih lanjut, Eri Cahyadi mengungkapkan bahwa Kota Lama Zona Eropa kedepannya akan dijadikan sebagai tempat berkumpul dan berkegiatan bagi anak muda Surabaya.

Baca Juga: Dishub Amankan 5 Jukir Liar yang Beroperasi di Kota Lama, Langsung Diproses di Polrestabes Surabaya

"Pemkot Surabaya berencana menggelar sejumlah kegiatan di sini, seperti lomba E-Sport, kompetisi menari, dan disc jockey (DJ)," jelas Eri.

Wali Kota Eri juga mengundang para pegiat komunitas untuk memanfaatkan potensi Kota Lama Zona Eropa sebagai ruang berkarya dan berkreasi.

Paket Wisata Terjangkau dan Beragam

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah, menjelaskan bahwa paket wisata di Kota Lama Zona Eropa sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung mulai hari ini.

Baca Juga: Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Menyebut Layanan Kesehatan Gratis Cukup Menunjukkan KK

"Ada paket wisata dengan harga terjangkau, seperti persewaan baju bertema Eropa mulai Rp35 ribu, berkeliling dengan becak kayuh Rp20 ribu, dan berkeliling dengan mobil Jeep Rp45 ribu untuk 45 menit," ujar Hidayat.

Informasi lebih lanjut mengenai paket wisata dan kegiatan di Kota Lama Zona Eropa dapat diperoleh di website resmi Disbudporapar Kota Surabaya atau melalui media sosial Pemkot Surabaya.

Pembukaan Kota Lama Zona Eropa diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata baru di Kota Surabaya dan membangkitkan kembali ekonomi kreatif di kawasan tersebut.

Editor : Jabrik