Desa Wisata Binaan PLN, Desa Wisata Lerep Masuk Nominee Penerima Satyalencana Kepariwisataan 2024

YOGYAKARTA | ARTIK.ID - Desa Wisata Binaan PLN UP2B Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Desa Wisata Lerep, kini tengah menjadi sorotan nasional. Kepala Desa Wisata Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Sumariyadi telah berhasil menjadi salah satu nominee penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Kepariwisataan 2024. Tanda kehormatan ini diberikan sebagai pemrakarsa desa wisata terbaik nasional.

Saat ini Desa Wisata Lerep menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Semarang yang ramai pengunjung. Keberhasilan Desa Wisata Lerep juga tidak lepas dari peran aktif masyarakat dan pemerintah desa yang bahu-membahu dalam mengembangkan potensi lokal. Kepala Desa Wisata Lerep, Sumariyadi, yang juga pemrakarsa desa wisata ini, telah menggalang kerjasama yang kuat antara warga dan stakeholder, termasuk PLN. Melalui bantuan dan dukungan PLN, Lerep telah berkembang pesat, menjadikannya salah satu desa wisata yang maju di Indonesia.

Tim Verifikasi dari Kepresidenan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan peninjauan lapangan di Desa Wisata Lerep (20/6). PLN selaku stakeholder yang membina Desa Wisata Lerep, juga turut hadir memberikan verifikasi keberhasilan Desa Wisata Lerep dalam mengelola seni, budaya, dan ecowisata yang ada di Desa Wisata Lerep.

Santo Kardono, Manager PLN UP2B Jawa Tengah & D.I Yogyakarta, turut hadir memberikan verifikasi kepada tim dan menyatakan dukungan atas pencapaian desa ini.

“PLN memberikan dukungan kepada Desa Wisata Lerep mulai tahun 2022 hingga saat ini. Dari awal bantuan diberikan, Pak Kades selalu ikut memonitor bagaimana bantuan ini akan dikembangkan,” ujar Santo.

Usulan penghargaan tersebut berawal dari Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Dinas Pariwisata Jawa Tengah, hingga akhirnya Kementrian Patiwisata dan Ekonomi Kreatif mengusulkan ke Tim Kepresidenan.

Sumariyadi, Kepala Desa Wisata Lerep, merasa terkejut namun bersyukur atas nomine yang dia raih, tidak menyangka masuk dalam nominee penerima penghargaan ini.

“Beberapa hari lalu ada pesan masuk mengaku dari kepresidenan, saya tidak begitu mempedulikannya. Ternyata info tersebut dibenarkan oleh Dinas Pariwisata,” kata Sumariyadi.

Dengan menjadi salah satu dari tujuh nominee nasional, Desa Wisata Lerep menanti pengumuman akhir dari Tim Kepresidenan. Jika terpilih, penghargaan akan diserahkan oleh Presiden Jokowi pada Upacara 17 Agustus nanti.

Desa Wisata Lerep telah menunjukkan bahwa melalui kolaborasi antara pemerintah desa, masyarakat, dan PLN, sebuah desa dapat berkembang menjadi lebih maju dan dapat mengembangkan potensi lokal dengan baik.

Di kesempatan yang lain, General Manager PLN UIP2B Jawa, Madura, dan Bali, Munawwar Furqan menyatakan PLN akan mendukung penuh potensi serta perkembangan yang ada di Desa Wisata Lerep agar dapat berkembang semakin pesat dalam memajukan potensi daerah dan ekonomi lokal untuk turut serta meningkatkan perekonomian bangsa.

“Semoga keberhasilan Desa Wisata Lerep juga bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain. Atas prakarsa, dedikasi dan kerja keras pak Sumariyadi dalam memajukan Desa Wisata Lerep, semoga beliau bisa meraih penghargaan Satyalancana Pariwisata," tutup Munawwar. (win)

Editor : Mohammad