Ini 7 Alasan Kengapa Jet Tempur AS Sangat Mewaspadai Jet Tempur Rusia

Jet tempur generasi ke 5 Rusia, SU-57
Jet tempur generasi ke 5 Rusia, SU-57

SURABAYA | ARTIK.ID - Dalam dunia militer, persaingan antara Amerika Serikat dan Rusia selalu menjadi sorotan. Salah satu aspek yang sering menjadi perbincangan adalah kemampuan jet tempur dari kedua negara.

Ada beberapa alasan mengapa jet tempur Amerika Serikat sangat mewaspadai bahkan sering kali dianggap takut menghadapi jet tempur Rusia di medan tempur yang sesungguhnya.

1. Teknologi Avionik yang Canggih

Jet tempur Rusia, seperti Su-57 dan MiG-35, dilengkapi dengan teknologi avionik yang sangat canggih. Avionik adalah sistem elektronik pada pesawat yang mencakup komunikasi, navigasi, radar, dan sistem manajemen pesawat.

Teknologi ini memberikan keunggulan dalam hal deteksi dan penghindaran ancaman, serta kemampuan untuk melacak dan menghancurkan target dengan presisi tinggi.

2. Kemampuan Manuver yang Superior

Salah satu keunggulan utama jet tempur Rusia adalah kemampuan manuvernya yang superior. Pesawat seperti Su-35 dan MiG-29 dikenal memiliki kemampuan manuver yang luar biasa, termasuk kemampuan untuk melakukan manuver ekstrem seperti Pugachev's Cobra dan Kulbit.

Manuver ini memungkinkan pesawat untuk menghindari serangan rudal dan memposisikan diri dengan cepat untuk menyerang musuh.

3. Sistem Senjata yang Mematikan

Jet tempur Rusia dilengkapi dengan sistem senjata yang sangat mematikan. Misalnya, Su-35 dapat membawa berbagai jenis rudal udara-ke-udara, rudal udara-ke-permukaan, dan bom pintar.

Rudal-rudal ini memiliki jangkauan yang jauh dan kemampuan untuk mengenai target dengan akurasi tinggi.

Selain itu, jet tempur Rusia sering kali dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik yang dapat mengganggu dan menonaktifkan sistem pertahanan musuh.

4. Keunggulan Stealth dan Radar

Jet tempur generasi kelima Rusia, seperti Su-57, memiliki kemampuan stealth yang mengurangi jejak radar mereka. Ini membuatnya lebih sulit dideteksi oleh radar musuh, memberikan keunggulan taktis di medan tempur.

Selain itu, radar AESA (Active Electronically Scanned Array) pada jet tempur Rusia memiliki kemampuan deteksi yang luar biasa, memungkinkan mereka untuk mendeteksi dan melacak target dari jarak yang lebih jauh dari F-25 dan F-22 AS.

5. Kekuatan Mesin dan Kecepatan

Jet tempur Rusia sering kali memiliki mesin yang sangat kuat, memberikan mereka kecepatan dan daya dorong yang luar biasa. Misalnya, Su-57 dilengkapi dengan mesin turbofan canggih yang memungkinkan pesawat mencapai kecepatan supersonik tanpa menggunakan afterburner (supercruise). Kecepatan tinggi ini memberikan keuntungan dalam hal penyerangan dan penghindaran.

6. Pengalaman Tempur

Rusia memiliki sejarah panjang dalam pengembangan dan penggunaan jet tempur dalam berbagai konflik. Pengalaman tempur ini memberikan Rusia wawasan berharga dalam merancang pesawat yang efektif di medan perang. Jet tempur Rusia dirancang berdasarkan pengalaman nyata di medan tempur, membuat mereka sangat andal dan efektif.

Hal Itu terbukti di Ukraina, meski Rusia dikeroyok habis-habisan oleh Negara NATO dan AS, namun semua itu tidak mampu memukul mundur Rusia.

7. Doktrin Militer yang Berbeda

Doktrin militer Rusia juga berbeda dari AS, yang mempengaruhi desain dan penggunaan jet tempur mereka.

Rusia sering kali mengadopsi pendekatan yang lebih agresif dan fleksibel dalam operasi udara, memanfaatkan keunggulan manuver dan kekuatan tempur jet mereka untuk mengatasi musuh. (red)

 

Editor : Jabrik