Video Viral Kelaparan di Medsos, Koramil O4 Bojong Gede Tanggapi dengan Bagi Sembako

DEPOK | ARTIK.ID - Dalam menanggapi fenomena video viral seorang anak yang menangis kelaparan di Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor yang mengundang pro dan kontra serta menjadi sorotan masyarakat. Kodim 0508 Depok melalui Koramil 04 Bojong Gede gelar aksi sosial dengan membagikan sembako pada masyarakat Desa Rawa Panjang Kecamatan Bojong Gede dan sekitarnya, Kamis(16/5/2024).

Kegiatan tersebut merupakan arahan dan perintah langsung dari Komandan Kodim 0508/Depok, Kolonel Inf Iman Widhiarto. Iman mengatakan video viral seorang anak yang menangis kelaparan di Desa Rawa Panjang, Kec. Bojong Gede, Kab Bogor adalah merupakan sebuah fenomena sosial yang terjadi di negara Indonesia yang majemuk.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Babinsa Sememi Pantau Harga Sembako di Pasar Tradisional

“Setelah kita pelajari kompleksitas variabelnya, maka bantuan memberi sembako menjadi solusi jangka pendek paling tepat, tidak hanya kepada keluarga ananda tersebut, namun juga warga disekitar yang kondisinya juga kekurangan. Sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial dan tidak menjadi tren sosial”, demikian tutur Iman.

Iman juga menjelaskan bahwa realita sesungguhnya, kondisi anak dan orang tuanya dalam video yang viral tersebut tidak se-memprihatinkan dari kesan yang ditimbulkan. Dan hal ini merupakan salah satu fenomena kondisi sosial dari sebuah negara besar dengan penduduk sekitar 280 juta jiwa.

“ Indonesia dengan jumlah penduduk ke-4 (empat) terbesar di dunia. Tentunya, Pemerintah yang sudah berusaha sebaik-baiknya memberikan pelayanan kepada rakyatnya, Namun itupun tetap tidak akan sempurna mengurus seluruhnya, karena hanya Tuhan-lah yang Maha Sempurna,” ungkapnya.

Ia berharap semua pihak menyikapi fenomena sosial tersebut dengan bijak, karena hal itu membutuhkan kepedulian dari seluruh pihak untuk saling membantu. “Ini merupakan ketentuan Tuhan yang harus kita sikapi secara positif (positif thinking). Oleh karena itu, dirinya terimakasih kepada orang yang telah menyampaikan fenomena ini, namun alangkah lebih baiknya jika pesannya disampaikan secara tertutup kepada aparat pemerintah yang berwenang sehingga tidak menimbulkan kegaduhan publik,” jelasnya.

Sementara itu, Danramil 04/Bojong Gede Mayor Inf Maman Jaya bergerak cepat menyiapkan beberapa paket sembako bekerjasama dengan Pemerintah Desa Rawa Panjang Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor.

“Alhamdulillah TNI ini temennya banyak, ada yang tokoh masyarakat, pengusaha bahkan Ormas sekalipun akan selalu siap membantu asalkan jelas penggunaannya. Sebagian ada yang berkenan ditampilkan, akan kita tampilkan untuk menggugah semangat kepedulian dan tidak sedikit yang enggan dipublikasikan,” ujarnya sambil tersenyum.

Sementara itu Kepala Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojong Gede, Muhammad Agus menyampaikan apresiasi atas dukungan bantuan dari Dandim 0508/ Depok kepada warga desa Rawa Panjang.

"Ini sekaligus menjadi sinergi yang sangat positif dan baik antara pemerintah desa dan TNI, saya berharap kedepannya ada sinergi yang lebih baik lagi serta tidak ada salah paham atas viralnya video tentang kelaparan," ujarnya. (mad)

Editor : Mohammad