Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak seluruh masyarakat untuk hadir dan menikmati berbagai kuliner khas Surabaya yang disajikan oleh UMKM binaan Pemkot. Selain kuliner, terdapat pula berbagai perlombaan, seperti patrol dan mewarnai, street performance, live music dari SMP di Surabaya, fashion show, dan tausiyah di Balai Kota Surabaya.
Baca juga: Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk Masyarakat Surabaya
"Ayo arek-arek Suroboyo, mari kita meriahkan Ramadan Vaganza. Di sini banyak UMKM dengan rasa yang luar biasa. Kita juga bisa mencari ilmu melalui tausiyah dan kelas-kelas yang disediakan di Balai Kota," kata Wali Kota Eri.
Masyarakat yang hadir juga akan diedukasi tentang pembelian produk UMKM dengan metode cashless (non tunai) menggunakan QR Code atau QRIS, yang akan diluncurkan pada hari pertama oleh Bank Jatim. Peluncuran ini menandai terpilihnya Kota Surabaya sebagai salah satu kota pertama di Jawa Timur yang merepresentasikan penggunaan QRIS.
Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati, menyampaikan bahwa sekitar 35 UMKM binaan Pemkot akan turut serta dalam Ramadan Vaganza ini. UMKM tersebut terdiri dari makanan dan minuman (mamin), serta fesyen seperti mukena dan kerudung.
"Beberapa rombong yang biasanya berjualan di Balai Kota pada Sabtu-Minggu juga akan kita ikut sertakan, mereka yang jualan takjil dan makanan berat, untuk mendukung acara Ramadan Vaganza ini," ujar Dewi.
Baca juga: Muhammad Syaifuddin, Anggota Komisi A DPRD kota Surabaya, Soroti Peran Penting Perda Ekonomi Kreatif
Dewi memastikan 35 UMKM tersebut merupakan binaan Pemkot yang telah melalui proses kurasi. Mereka didatangkan dari tiap kecamatan di Kota Pahlawan. "Untuk rombong-rombong, kita utamakan untuk rombong miskin, membantu perekonomian mereka," ungkapnya.
Secara keseluruhan, event ini melibatkan total 80 UMKM, baik binaan Pemkot maupun masyarakat umum. Ini merupakan salah satu kolaborasi kesekian kalinya antara Suara Surabaya Media dengan Pemkot Surabaya.
Pemimpin Redaksi (Pemred) Suara Surabaya Media, Eddy Prastyo, menambahkan bahwa kegiatan kolaborasi ini akan melibatkan lebih dari 80 UMKM dengan berbagai produk. Ini akan menjadi kegiatan pertama kolaborasi antara Pemkot dengan Suara Surabaya setelah sempat terhenti selama pandemi.
Baca juga: Fraksi partai Gerindra DPRD kota Surabaya :Dukung Ekonomi Kreatif tingkatkan daya saing masyarakat.
"Bagaimana kita menumbuhkan UMKM Surabaya yang termasuk salah satu kota dengan UMKM paling kuat dan berpengaruh. Sebelumnya sudah ada Surabaya Urban Culture Festival yang sukses. Kita harapkan gelaran Ramadan Vaganza ini bisa sukses juga dan ada kesan," pungkasnya.
(red)
Editor : Fudai