Kota Kentucky Dihantam Puting Beliung, 64 Korban Tewas

Artik

SURABAYA - Sedikitnya 64 orang, termasuk enam anak-anak, kehilangan nyawa mereka di Kentucky setelah badai tornado melanda enam negara bagian. Bahkan saat ini aliran listrik masih padam untuk ribuan korban.

Sementara jumlah korban dari angin puting beliung (tornado), mematikan lebih rendah dari yang diperkirakan semula, Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan dia memperkirakan jumlah itu akan meningkat karena para pencari terus masih melakukan pencarian di antara pohon-pohon tumbang dan rumah-rumah yang menjadi puing, Senin (13/12/2021).

"Korban berusia antara 5 bulan hingga 86 tahun, dan 105 orang masih belum ditemukan, mungkin butuh beberapa minggu sebelum kami menghitung kematian dan tingkat kehancuran," kata Beshear kepada wartawan.

Pada hari Senin, Beshear mengatakan para pejabat sedang bekerja untuk mengkonfirmasi bahwa delapan orang tewas ketika sebuah pabrik lilin di Mayfield, sebuah kota berpenduduk sekitar 10.000 orang di sudut barat daya Kentucky, dilanda badai itu.

Pemilik pabrik Mayfield Consumer Products LLC, mengkonfirmasi, 94 orang diyakini berhasil menyelamatkan diri.

Baca Juga: Kasihan, Bayi Perempuan Tak Berdosa Dibuang di TPS Taman Kota Cilegon

"Kami sangat takut, jauh lebih buruk, saya berdoa agar itu akurat." ujarnya.

Di kota kecil yang terkena dampak parah, angin puting beliung menghancurkan tidak hanya pabrik lilin tetapi juga kantor polisi dan kantor pemadam kebakaran. Rumah-rumah rata atau atapnya hilang, pohon-pohon raksasa tumbang dan rambu-rambu jalan rusak.

Direktur manajemen darurat Kentucky, Michael Dossett saat briefing, mengatakan 28.000 rumah dan bisnis tak ada pasokan listrik.

"Lebih dari 300 personel Garda Nasional dan sejumlah pegawai negeri mendistribusikan pasokan dan terus bekerja untuk membersihkan jalan sehingga gundukan puing-puing dapat dipindahkan secepat mungkin," kata gubernur.

Dia menambahkan bahwa pihak berwenang sedang mengoordinasikan jumlah bantuan barang dan sukarelawan, sedangkan Presiden Joe Biden diperkirakan akan segera mengunjungi negara bagian itu.

Baca Juga: Razia di Sisingamangaraja, 4 Sopir Angkot Dinyatakan Positif Narkoba

Menurut Beshear, proses pencarian, penyelamatan dan, pemulihan di petak kehancuran telah menjadi roller coaster emosional bagi semua yang terlibat, termasuk dirinya.

"Anda berubah dari kesedihan menjadi kejutan menjadi tegas selama rentang 10 menit dan kemudian Anda kembali sedih," ungkapnya.

Dilansir dari Reuters, Kentucky adalah kota yang terkena dampak paling parah, enam pekerja tewas di gudang Amazon yang berada di Illinois, termasuk satu pengemudi kargo yang meninggal di kamar mandi.

"Sebuah panti jompo di Arkansas juga dihantam, menyebabkan salah satu dari dua kematian di negara bagian itu. Empat lainnya dilaporkan tewas di Tennessee dan dua di Missouri," pungkas Beshear.

Alih Bahasa: Ara
(Foto: Reuters)

Editor : Fudai

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru