Pengurus Pusat HPPI Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Fokus Standarisasi dan Pengembangan Keilmuan

Reporter : Mohammad
HPII sukses melaksanakan acara Pelantikan Pengurus Pusat Himpunan Perawat Informatika Indonesia (HPII) periode 2024-2029 pada Sabtu, (19/10/2024) di Gedung Pusdiklat Kominfo, Jakarta Selatan.

JAKARTA - Setelah pelaksanaan Kongres Nasional Himpunan Perawat Informatika Indonesia (HPII) yang dilaksanakan pada Sabtu (6/7/2024) dengan terpilihnya (Prof. Dr. Rr. Tutik. Sri Hariyati.,S.Kp.,MARS.,FISQua) sebagai Ketua Pengurus Pusat HPII periode 2024-2029.

Selanjutnya HPII sukses melaksanakan acara Pelantikan Pengurus Pusat Himpunan Perawat Informatika Indonesia (HPII) periode 2024-2029 pada Sabtu, (19/10/2024) di Gedung Pusdiklat Kominfo, Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan Pelantikan Pengurus HPII juga dilengkapi dengan agenda Rapat kerja nasional (Rakernas) serta Kegiatan Ilmiah Seminar Nasional Literasi Digital Kesehatan yang dilaksanakan secara hybrid (offline & online) dan diikuti oleh 53 pengurus yang akan dilantik, serta diikuti kurang lebih 300 peserta.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Prof. Tutik Sri Hariyati selaku Ketua Umum HPII serta beberapa tamu undangan perwakilan Kominfo, Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang diwakili Diah Aliefya selaku ketua tim literasi digital sektor pemerintahan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Informatika Kominfo RI. Serta perwakilan DPP PPNI dalam hal ini diwakili oleh Bapak Abdul Rakhmat, S.Kep., Ns., M.Kes, selaku Ketua DPP Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) PPNI.

Dalam sambutan awal, Prof. Tutik Sri Hariyati yang biasa disapa Prof Roro menyampaikan harapan agar HPII berkontribusi besar dimulai standarisasi, pengembangan keilmuan bidang informatika serta melebarkan sayap dalam mengembangkan inovasi

“Alhamdulillah HPII sudah resmi kita lantik seluruh bidang dan departemennya, harapannya di era digital khususnya dibidang kesehatan HPII akan berkontribusi besar dimulai standarisasi dan pengembangan keilmuan bidang informatika yang bisa membantu di dalam proses pengambilan keputusan baik untuk pelayanan maupun asuhan, HPII juga akan melebarkan sayap mengembangkan inovasi-inovasi yang memang sangat dibutuhkan di era digitalisasi ini” imbuh Prof Roro

Bagi pengurus yang dilantik juga diharapkan mempunyai peran dedikasi yang solid dan komitmen yang kuat serta melakukan kerjasama dengan lintas Stakeholder untuk bersama-sama memajukan HPII

“Harapannya ke depan anggota-anggota yang sudah dilantik mempunyai benar-benar dedikasi untuk bersama-sama bergandengan tidak hanya dengan himpunan HPII tetapi juga seminar di PPNI, stackeholder yang lainnya baik Kemenkes, Kominfo maupun bidang pemerintahan yang lain,"tutupnya, dalam keterangan pers, Senin (21/10/2024).

Rakhmat selaku Ketua DPP Bidang OKK PPNI menyampaikan eksistensi HPII sudah tak diragukan lagi dibuktikan sudah banyak kegiatan yang telah dilaksanakan terutama masa pandemi Covid-19, melalui pelantikan ini DPP PPNI akan selalu memberikan support serta menyarankan untuk segera membuka PW-HPII diseluruh wilayah di Indonesia

“Kalau kita melihat perjalanan terbentuknya HPII sangat panjang sejarahnya dan hari ini membuahkan hasil dengan telah terbentuk pengurusnya, eksistensi perkembangannya pun sudah terlihat terutama pada masa Pandemi Covid-19. Perkembangan digitalisasi zaman zaman sekarang sudah tidak bisa kita tawar lagi dan harus segera kita respon, seperti contoh penggunaan SATUSEHAT, banyak teman-teman perawat sampai sejauh ini masih ada yg belum memahami dan mengerti sistemnya, sehingga tugas utama HPII harus bisa memberikan sosialisasi dan keilmuan literasi digital yang update sehingga dapat dipahami oleh semua anggota” ungkap Rakhmat.

Diah Aliefya selaku ketua tim literasi digital sektor pemerintahan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Informatika Kominfo RI dalam sambutan juga menyampaikan peran HPII sangat penting dalam memberikan literasi digital bagi tenaga kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kami akan support apapun bentuk kerjasamanya.

“Sebagai perwakilan pemerintah Kominfo pastinya akan support peran dan kegiatan HPII untuk mengembangkan literasi digital khususnya dibidang kesehatan terutama perawat, masih banyak kolaborasi yang harus diperkuat dan dikerjakan, mudah-mudahan HPII bisa menjadi mitra yang baik bagi Kominfo kedepan”tutup Diah

Dalam gelaran Pelantikan HPII juga diiringi dengan agenda Kegiatan Ilmiah Literasi Digital dengan tema "Empowering Nurses Through Digital Literacy For Safe And Effective Patient Care" narasumber dan materi bahasan : (1). Ariani Arista Putri Pertiwi, S.Kep., Ns., MAN., DNP - FK-KMK, Universitas Gadjah Mada “Peran Institusi Pendidikan Keperawatan dalam Menumbuhkan Literasi Digital”. (2). Ns. Hendi Toha, S.Kep., MMSI - Nurse Informatician, EMR Specialist “Membangun dan Menumbuhkan Literasi Digital pada Perawat di Tatanan Pelayanan Klinis” (3). Ns. Sigit Muhammad Nuzul, S.Kep., M.Kep - ATM Sehat. “Peran Perawat dalam Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat.”

Selanjutnya acara ditutup dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas I) seluruh pengurus HPII, dimana semua Bidang merumuskan program kerja dan capaian selama 5 tahun kedepan, dengan fokus pada 1 tahun pertama kepengurusan HPII. Keberlangsungan kongres tersebut juga didukung oleh berbagai sponsor dan media partner yang terdiri dari PT Philips, Zicare, Klinik Pintar, dan ATM Sehat,

HPII berkomitmen untuk meningkatkan keperawatan informatika di Indonesia serta akan terus mempromosikan pelatihan, penelitian, dan advokasi untuk mendorong perawat memamfaatkan teknologi dalam memberikan layanan pasien yang efektif dan aman. Kami percaya bahwa kami dapat mencapai tujuan bersama untuk memberikan perawatan pasien yang aman dan efektif dengan menggunakan kekuatan teknologi digital melalui kerja sama dan inovasi yang berkelanjutan. (mad)

Editor : Mohammad

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru