Orling FKIP Unitomo 2024 Sukses Digelar, Hadir Berbagai Inovasi dan Caraka Malam yang Lebih Berkesan

Reporter : Natasya
Orientasi Lingkungan Mahasiswa FKIP Unitomo (Foto: Fuday)

SURABAYA - Orientasi Lingkungan (Orling) FKIP Unitomo 2024 berhasil dilaksanakan di Bumi Perkemahan Dlundung pada 11-13 Oktober. Acara dirancang sebagai sarana penting bagi mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan membangun hubungan dengan sesama angkatan. Rangkaian kegiatan yang fun, edukatif, dan beragam menjadi jembatan untuk mencapai tujuan tersebut.

Ketua Panitia, Julia Filzah Aqilah, mengakui bahwa terbatasnya sumber daya manusia (SDM) menjadi tantangan utama dalam mempersiapkan acara. Selain itu, jumlah peserta yang meningkat menambah kesulitan dalam mengatur logistik seperti tenda dengan kapasitas besar. 

Baca juga: Unitomo Tingkatkan Pendapatan PKL Gaza dengan Konsep Green Economy dan Pemasaran Online

"Namun, berkat dukungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM), teater KU, serta alumni FKIP, acara berlangsung lancar," kata Julia, Selasa (15/10).

Julia menjelaskan bahwa sebelumnya panitia telah melakukan survei langsung ke lokasi sebelum acara untuk memastikan keamanan.

Orling FKIP Unitomo dipastikan memberi manfaat bagi semua peserta karena di dalamnya bukan hanya sekedar berisi kegiatan yang fun tetapi juga edukatif, ada beberapa materi yang disampaikan langsung oleh dosen FKIP dan alumni yang berhubungan langsung dengan tema orling tahun ini yakni "Generasi yang Cemerlang, Antusias, dan Amanah".

Baca juga: Unitomo Tingkatkan Pendapatan PKL Gaza dengan Konsep Green Economy dan Pemasaran Online

Kegiatan Orling tahun ini melibatkan berbagai aktivitas, diantaranya seperti pemberian materi yang berkaitan dengan adaptasi diri, games, penjelajahan teka-teki, kreativitas seni mencipta puisi, pengenalan antar peserta dan panitia, pentas seni kelompok, sharing pengalaman bersama panitia dan alumni, ramah-tamah dalam acara api unggun.

Inovasi penciptaan puisi menggantikan kegiatan kreativitas tahun sebelumnya, Fido, mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia, menjadi pelopor perubahan ini. Ia menyebut bahwa penciptaan puisi mendorong peserta untuk lebih percaya diri dalam mengekspresikan kreativitas mereka.

Orling FKIP Unitomo diharapkan dapat terus berlangsung dalam jangka panjang dengan inovasi dan materi yang relevan. 

Baca juga: Jelang Wisuda 28 September 2024, Unitomo Bekali Calon Wisudawan dengan Materi Personal Branding

Salah satu peserta, Winda Amelia Kusumaningtyas, menyatakan bahwa kegiatan caraka malam menjadi pengalaman paling berkesan, karena mengajarkan disiplin, kekompakan, dan kepemimpinan serta memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga alam.

Hadir dalam Acara, Wakil Rektor III Unitomo Dr. Drs. Sucipto, M.Si., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Muhajir, M.Ed., Wakil Dekan 1, Haerussaleh, S.Pd., M.Pd., Wakil Dekan 2 Ahmad Hatip, S.Pd., M.Pd., Kaprodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Imron Amrullah S.Pd., M.Pd., dan Ketua Laboratorium Windi Setiawan, S.Pd., M.Pd. (win)

Editor : Fudai

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru