Unitomo Tingkatkan Pendapatan PKL Gaza dengan Konsep Green Economy dan Pemasaran Online

Reporter : Fudai
Tim PPM Unitomo dan pedagang PKL Gaza Mandiri usai Pelatihan

SURABAYA | ARTIK.ID - Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Teknik menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) di area PKL Jalur Gaza, Surabaya, yang berlangsung dari 21 Agustus hingga 13 Oktober 2024. 

Kegiatan ini bertema "Pemberdayaan PKL Jalur Gaza Berbasis Teknologi Green Economy untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat" dan bertujuan membantu para pedagang kaki lima yang terdampak pandemi dengan menerapkan konsep ekonomi hijau dan strategi pemasaran online.

Baca juga: Jelang Wisuda 28 September 2024, Unitomo Bekali Calon Wisudawan dengan Materi Personal Branding

Sebagai bagian dari program yang didanai DIPA Unitomo dan dikoordinasikan oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM), kegiatan berfokus pada upaya meningkatkan pendapatan para PKL yang terletak di sekitar kampus Unitomo dan Untag. 

Puncaknya, pada 12-13 Oktober 2024, dilaksanakan pelatihan "Green Economy: Strategi Cerdas Meningkatkan Pendapatan dengan Prinsip Berkelanjutan dan Pemasaran Online" yang diikuti oleh para PKL Jalur Gaza. Pelatihan ini menghadirkan pemateri seperti Nurhayati, Agustiawan Djoko Baruno, Indrasto Kurniadi, Achmad Choiron, dan Veronika Nugraheni Sri Lestari.

Baca juga: Yudisium FKIP Unitomo, Prof. Siti Marwiyah Sebut Peradaban Manusia Lahir dari Tangan Seorang Guru

Nurhayati menjelaskan pentingnya penerapan green economy dalam bisnis untuk efisiensi dan keberlanjutan, sementara Achmad Choiron memberikan pelatihan praktis penggunaan platform digital seperti GrabFood. 

"Kami ingin para PKL memahami bahwa dengan mempraktikkan green economy, mereka tidak hanya berkontribusi pada pelestarian lingkungan, tetapi juga bisa meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional," ujar Nurhayati.

Baca juga: Yudisium FKIP Unitomo, Prof. Siti Marwiyah Sebut Peradaban Manusia Lahir dari Tangan Seorang Guru

Tujuan kegiatan ini, seperti disampaikan Agustiawan Djoko Baruno, adalah untuk memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat sekitar kampus, sejalan dengan komitmen Kepala LPM Unitomo, Sapto Pramono, berjanji untuk terus mendukung program pengabdian masyarakat berbasis teknologi dan berkelanjutan.

Dengan pelatihan ini, diharapkan PKL Jalur Gaza dapat meningkatkan bisnis mereka melalui teknologi dan konsep ekonomi hijau, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan kesejahteraan mereka. (red)

Editor : Fudai

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru