PDI Perjuangan Mulai Khawatir Jokowi Dukung Prabowo, Bukan Ganjar

Artik

JAKARTA | ARTIK.ID - Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro mengatakan, Jokowi mungkin memberikan dukungannya penuh untuk Prabowo dalam mencalonkan diri sebagai presiden.

Menurutnya, hal ini bisa terjadi jika Jokowi merasa bahwa Prabowo adalah sosok yang mampu melanjutkan visi dan misi pemerintahannya.

Baca juga: Bertemu di Shangri-La Surabaya, Kyai NU di Jawa Timur Mendukung Prabowo

Bawono juga menilai bahwa Prabowo memiliki elektabilitas yang cukup tinggi di kalangan masyarakat, sehingga bisa menjadi saingan berat bagi calon-calon lain.

Bawono menuturkan, Jokowi dan Prabowo sudah memiliki hubungan yang baik sejak mereka berkoalisi di pemerintahan sekarang, dan tidak ada konflik yang signifikan antara keduanya.

Baca juga: Menhan Prabowo Bertemu Jokowi Paparkan Soal Perkembangan Geopolitik

“Bukan tidak mungkin preferensi politik Presiden Joko Widodo dalam hal bakal calon presiden mendatang tidak sama dengan pilihan politik dari PDI-P,” kata Bawono dikutip dari Kompas, Kamis (29/6/2023).

Memang, kata Bawono, sebagai kader partai banteng, Jokowi tak bisa dilepaskan dari PDI-P yang telah mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) Pemilu 2024.

Baca juga: Komisi Pemilihan Umum Tetapkan Jumlah DPT Nasional Sebesar 204.807.222 Jiwa

Akan tetapi, sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan yang didukung oleh banyak partai politik, Jokowi bisa jadi punya kepentingan sendiri.

Bawono pun menduga, PDI-P saat ini tengah khawatir akan kemungkinan Jokowi mendukung Prabowo, bukan Ganjar.
(diy)

Editor : Fuart

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru