Jatim Run for Heroes 2022, Khofifah Lepas Peserta dari Atas Rantis TNI AL

Artik
Ribuan pelari melesat di ajang Jatim Run 2022 (Foto: Fudai)

SURABAYA | ARTIK.ID - Jatim Run for Heroes 2022 telah sukses terlaksana, diikuti 2.000 pelari dengan rute 5 km dan 10 km. Lokasi start dan finish yakni di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur

Rute 5 km melalui Jalan Panglima Sudirman, Jalan Urip sumoharjo dan Jalan Raya darmo. Kemudian berputar balik di Monumen Polri, menuju Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Basuki Rahmat dan finish kembali di Jalan Gubernur Suryo.

Baca juga: Jatim Run 2022, Peraih Juara Putra dan Putri Didominasi Pelari Asal Kenya

Sedangkan untuk rute 10 km, pelari melanjutkan rute ke Jalan Embong Malang, Jalan Bubutan, dan menuju Tugu Pahlawan. Untuk kemudian melewati Jalan PahlawanJalan Kramat Gantung, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan dan finish kembali di Jalan Gubernur Suryo.

Jatim Run Run for Heroes diadakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, HUT Marinir dan HUT Prov. Jawa Timur yang ke-77 tahun.

Acara ini diselenggarakan oleh Dispora Jawa Timur bersama Batalyon Arhanud 2 Marinir Surabaya pada Minggu (13/11/2022)

Peserta dilepas oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang sebelumnya diawali dengan pemberian santunan pada sejumlah anak yatim.

Khofifah melepas peserta Jatim Run 2022 (foto: Fudai)

Setelah itu Khofifah mendatangi peserta satu persatu untuk memberikan semangat, kemudian beranjak naik ke podium yang ada di atas Rantis TNI AL.

Pada kesempatan itu, untuk kategori 10 KM yang merupakan kategori bergengsi, gelar juara 1 Putra disabet oleh pelari James dari Kenya dengan catatan waktu 30 menit 02.82 detik.

Baca juga: Jatim Run 2022, Peraih Juara Putra dan Putri Didominasi Pelari Asal Kenya

Sedangkan untuk 10 KM Putri diraih oleh Christine yang juga dari Kenya dengan catatan waktu 35 menit 55.75 detik.

Selain mendapat medali dan trophy, masing-masing juara juga mendapat hadiah berupa uang tunai. Juara I sebesar Rp 10 juta, juara II Rp 7,5 juta, dan juara III Rp 5 juta.

Atas pencapaian itu Christine mengaku gembira bisa meraih juara I di even ini.

“Tentu saja saya sangat gembira,” ujar Christine, di sela-sela sesi penerimaan penghargaan.

Juara 1 Jatim Run Putri 10 km diraih oleh Christine, pelari asal Kenya (foto: Fudai)

Baca juga: Jatim Run 2022, Peraih Juara Putra dan Putri Didominasi Pelari Asal Kenya

Pada sesi Konferensi Pers, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menjelaskan arti gabungan perayaan Hari Jadi Provinsi Jatim ke-77, HUT Korps Marinir Angkatan Laut ke-77 dan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Menurutnya, angka 77 di ketiga perayaan itu sarat makna. Ia menjelaskan, angka 7 dalam Bahasa Jawa disebut ‘Pitu’ memiliki makna pitulungan atau pertolongan. Dua angka ‘tujuh’ di dalamnya berarti banyak pertolongan.

“Mudah-mudahan Allah selalu memberi pertolongan kepada kita semua untuk bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ungkap Gubernur Khofifah

(ara)

Editor : Fuart

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru