Biden dan Putin Berbicara di Tengah Situasi Ukraina Membara

Artik

SURABAYA - Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin memulai pembicaraan virtual tentang masalah krisis di Ukraina dan topik lainnya pada Selasa, (7/12/2021), televisi pemerintah Rusia melaporkan, pembicaraan itu terjadi di tengah kekhawatiran Barat bahwa Moskow berencana untuk menyerang tetangga selatannya itu.

Biden akan memberi tahu Putin bahwa Rusia dan bank-banknya dapat terkena sanksi ekonomi terberat jika menyerang Ukraina, kata pejabat AS sebelum konferensi video.

Mereka mengatakan sanksi, yang menurut satu sumber dapat menargetkan bank-bank terbesar Rusia dan mengurangi kemampuan Moskow untuk konversi rubel ke dolar dan mata uang lainnya, telah dirancang guna mencegah Putin menggunakan puluhan ribu tentara yang berkumpul di dekat perbatasan Ukraina.

Namun Kremlin, justru mengatakan sebaliknya sesaat sebelum pertemuan itu, Rusia tidak mengharapkan adanya terobosan, sebab tindakan militer yang dilakukan bersifat defensif.

Moskow juga telah menyuarakan kekesalan yang meningkat atas bantuan militer Barat ke Ukraina, sesama bekas republik Soviet yang telah condong ke Barat sejak pemberontakan rakyat menggulingkan presiden pro-Rusia pada 2014, dan apa yang disebutnya sebagai ekspansi NATO yang merayap.

Moskow juga mempertanyakan niat Ukraina dan mengatakan menginginkan jaminan bahwa Kyiv tidak akan menggunakan kekuatan untuk mencoba merebut kembali wilayah yang hilang pada tahun 2014 oleh separatis yang didukung Rusia, sebuah skenario yang telah dikesampingkan oleh Ukraina.

“Kami mencari hubungan yang baik dan dapat diprediksi dengan Amerika Serikat. Rusia tidak pernah bermaksud menyerang siapa pun, tetapi kami memiliki kekhawatiran dan kami memiliki garis merah kami,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Peskov menyerukan agar semua orang untuk tetap "berkepala dingin", Ia mengatakan sangat penting bahwa Putin dan Biden berbicara mengingat apa yang disebutnya eskalasi ketegangan yang luar biasa di Eropa.

Rubel Rusia sedikit melemah pada hari Selasa, dengan beberapa analis pasar memperkirakan pembicaraan akan mengurangi ketegangan dan yang lain mengatakan bahwa ancaman sanksi AS mengikis harapan untuk menemukan titik temu.

Menjelang pembicaraan langsung pertamanya dengan Putin sejak Juli, Biden membahas rencana sanksi dengan sekutu Eropa pada hari Senin, mencari sikap bersama yang kuat untuk mendukung integritas dan kedaulatan teritorial Ukraina.

Dia berbicara dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Italia Mario Draghi dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Mereka meminta Rusia untuk meredakan ketegangan dan kembali ke diplomasi dan mengatakan tim mereka akan tetap berhubungan dekat, termasuk dalam konsultasi dengan sekutu NATO dan mitra UE, tentang "Pendekatan terkoordinasi dan komprehensif," kata Gedung Putih.

Tim Biden telah mengidentifikasi serangkaian hukuman ekonomi yang akan dijatuhkan jika Rusia melancarkan invasi, kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden.

Sebuah sumber terpisah yang mengetahui situasi tersebut mengatakan penargetan lingkaran dalam Putin telah dibahas tetapi tidak ada keputusan yang dibuat. Sanksi terhadap bank terbesar Rusia dan pembatasan konversi rubel ke dolar dan mata uang lainnya juga sedang dipertimbangkan, kata sumber lain.

Kepala eksekutif Uni Eropa menawarkan Ukraina dukungan penuh Uni Eropa pada hari Selasa dan mengatakan bahwa blok tersebut akan mempertimbangkan lebih banyak sanksi terhadap Rusia.

"Kami akan menanggapi setiap agresi lebih lanjut dengan meningkatkan dan memperluas sanksi yang ada," kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Twitter. (diy)

Editor : Fudai

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru