Iran dan IAEA Kembali Lanjutkan Negosiasi dan Kerja Sama

Artik

SURABAYA - Iran dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pada Selasa (23/11/2021), mengumumkan bahwa mereka telah sepakat untuk melanjutkan negosiasi dan kerja sama mereka di bidang-bidang yang menjadi perhatian bersama.

Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi pada Selasa tersebut bertemu dengan Mohammad Eslami, kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), dan Hossein Amir Abdollahian, menteri luar negeri Iran.

Baca juga: Berkunjung ke China, Presiden Iran Bilang Ada Potensi Bergabung ke BRICS

Pada konferensi pers bersama yang disiarkan televisi, yang mengikuti pertemuan di tempat AEOI, Grossi dan Eslami mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan negosiasi sampai perselisihan yang tersisa terselesaikan.

Eslami mengatakan badan tersebut memiliki sejumlah pertanyaan ke Iran "berdasarkan dokumen yang diterbitkan oleh pihak oposisi kita," seraya menambahkan bahwa "beberapa pertanyaan tersebut telah terjawab dan beberapa lainnya masih ada."

Kepala AEOI mengatakan bahwa "sebagian dari pertanyaan-pertanyaan ini telah dijawab dan ditutup" dalam kesepakatan nuklir 2015, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA).

"Kami sepakat untuk mengakhiri masalah ini hari ini juga, negosiasi-negosiasi pun masih berlangsung," tambahnya.

Kepala nuklir Iran tersebut menekankan bahwa Iran bertujuan untuk memanfaatkan teknologi nuklir di berbagai sektor, dan "badan tersebut akan membantu kami dalam hal ini."

“Kami memiliki rencana untuk membangun setidaknya 10.000 Mega Watt (MW) kapasitas produksi listrik nuklir di Iran, terutama oleh pembangkit listrik kecil masing-masing dengan kapasitas maksimum 300 MW,” kata Eslami, seraya menambahkan bahwa ia berharap badan tersebut akan membujuk dan mendukung negara-negara lain yang memiliki teknologi untuk membantu Iran mengembangkan kapasitas tenaga nuklirnya.

Sementara itu, Grossi, yang tiba di Teheran pada Senin (22/11/2021), mengatakan bahwa kedua belah pihak, selama perjalanan terakhirnya ke Teheran pada September lalu, telah “setuju untuk melanjutkan kerja sama kami dalam klarifikasi sejumlah masalah dan melanjutkan serta memperdalam dialog dengan pemerintah Iran."

"Kami melanjutkan negosiasi kami pada titik ini dengan pandangan untuk menemukan alasan yang sama. Ada sejumlah masalah yang sedang kami kerjakan. Kami akan melipatgandakan upaya kami dengan pandangan untuk menyelesaikan pertukaran kami hari ini dengan catatan positif. Kami sedang bekerja sangat keras," kata Grossi.

Grossi juga menggambarkan kunjungannya ke Teheran sebagai tanda tekad untuk mengadakan pembicaraan, saling pengertian, menyelesaikan masalah, dan meningkatkan kerja sama dengan Iran, seraya mengumumkan kesiapan badan tersebut untuk menyelesaikan masalah yang tersisa dalam beberapa bulan mendatang dalam kerja sama erat dengan Republik Islam tersebut.

Dalam sambutan serupa, menteri luar negeri Iran mendesak pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menangani "masalah teknis" yang berkaitan dengan program nuklir Iran dan untuk tetap "teknis, profesional, dan netral" dalam hal ini.

Amir Abdollahian, dalam pertemuannya dengan Grossi, menekankan keseriusan negaranya untuk berinteraksi secara konstruktif dengan IAEA dalam kerangka Safeguards Agreement, seraya mengungkapkan harapannya bahwa selama kunjungan Grossi tersebut rasa "saling percaya dan kerja sama" akan semakin diperkuat.

Sebelum kedatangannya di Teheran, Grossi telah menyatakan harapan bahwa selama perjalanan ke Teheran ini, ia akan dapat membangun "saluran dialog langsung yang bermanfaat dan kooperatif," sehingga agensinya dapat melanjutkan "kegiatan verifikasi penting" di negara itu.

Pertemuan pada Selasa tersebut digelar menjelang pertemuan Dewan Gubernur IAEA yang beranggotakan 35 negara pada Rabu (24/11/2021), hari ini, yang membahas laporan baru-baru ini terkait dengan program nuklir Iran dan seminggu sebelum dimulainya kembali dialog, yang dijadwalkan pada Senin (29/11/2021), pekan depan, mengenai menghidupkan kembali JCPOA di Wina, ibu kota Austria, yang bertujuan untuk membujuk Iran dan Amerika Serikat (AS) untuk mengadopsi kembali komitmen di bawah JCPOA dengan imbalan pencabutan sanksi AS terhadap Iran. (ara) 

 

Editor : Fudai

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru