FCC Izinkan HP Langsung Terhubung ke Satelit Starlink di Area Bencana AS

Reporter : Fudai

JAKARTA - Layanan Starlink dari SpaceX diizinkan langsung tersambung ke ponsel atau direct-to-cell oleh Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika Serikat untuk menanggulangi darurat akibat Badai Helene dan Badai Milton yang melumpuhkan jaringan telekomunikasi di beberapa wilayah AS. 

Izin sementara ini tidak hanya untuk kondisi darurat, tetapi juga sebagai uji coba kemampuan internet satelit Starlink direct-to-cell.

Dengan begitu, pelanggan T-Mobile di area bencana dapat terhubung langsung ke internet satelit Starlink. 

SpaceX telah mengaktifkan layanan SMS standar untuk membantu warga mengirim pesan, menghubungi 911, dan menerima peringatan darurat.

"Kami sudah mengaktifkan layanan standar untuk SMS bagi pelanggan T-Mobile yang terdampak badai di beberapa wilayah," kata SpaceX, dikutip dari CNBC, Rabu (16/10).

Sebelumnya, SpaceX telah mengirim 10.000 perangkat Starlink ke wilayah terdampak Badai Helene. 

Pengguna T-Mobile tidak perlu melakukan pengaturan tambahan atau biaya ekstra untuk menggunakan layanan Starlink, karena T-Mobile dan SpaceX telah berkolaborasi untuk menyediakan konektivitas langsung.

Beberapa perangkat mungkin perlu mengaktifkan opsi konektivitas satelit pada pengaturan ponsel terlebih dahulu.
Saat tersambung ke satelit Starlink, pengguna akan melihat sinyal dengan nama jaringan 'T-Mobile SpaceX'. 

Mereka merekomendasikan mencoba beberapa kali jika pesan tidak terkirim, serta menyarankan penggunaan di luar ruangan atau dekat jendela untuk sinyal lebih baik.

Selain Starlink, layanan serupa juga tersedia melalui Emergency SOS di iPhone 14 yang bekerja sama dengan Globalstar dan Satellite SOS di Pixel 9 melalui kemitraan dengan Skylo.

 

 

 

Editor : Fudai

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru